SEJARAH PEMBANGUNAN DESA

  24 Maret 2017  |  DESA GENTENGWETAN

Pembangunan di Desa Genteng Wetan di mulai sejak Desa Genteng Wetan berdiri sendiri lepas dari Desa Genteng, tepatnya sejak awal masa pemerintahan Kepala Desa yang pertama yaitu pada masa kepemimpinan Kades H. Salman.

Sedangkan yang tampak menonjol adalah mulai masa kepemimpinan Moh. Hasyim, karena selain sulit mencari saksi hidup pada masa kepemimpinan Kepala Desa terdahulu, kondisi nasional masih taraf peralihan.

Pada masa kepemimpinanya, Kepala Desa Moh. Hasyim dikenal sebagai sosok yang lurus. Bahkan menurut beberapa sumber, pria asal Dusun Canga’an ini lebih banyak mengeluarkan kekayaan pribadinya ketimbang menerima dari kedudukannya sebagai Kepala Desa. Sosok Moh. Hasyim adalah figur yang dibanggakan dan tercatat dalam memori rakyatnya saat itu dan tuturkan ke generasi – generasi berikutnya.

Berikutnya adalah Kepala Desa Sadhi Sadiyanto. Seorang anggota TNI aktif ini terpilih dua periode melalui Pilkades. Pembangunan fisik yang sampai saat ini masih bisa dinikmati oleh warga Desa Genteng Wetan pada masa kepemimpinan beliau adalah plensengan di Dusun Krajan dan Jembatan di Dusun Resomulyo yang mulai rusak ( diusulkan perbaikan di RPJMdes ini ).

Setelah dua periode menjabat Kepala Desa Sadhi Sadiyanto digantikan oleh Faiz Zubaidi, BA. Seorang guru swasta dan mubalig asal Dusun Krajan. Tidak berbeda dari Kepala Desa sebelumnya, Faiz Zubaidi juga banyak meninggalkan hasil Pembangunan diantaranya plensengan, tandon air.

Seiring era reformasi pada pilkades tahun 2001, Muhammad, SH. Mantan anggota BPD asal Dusun Canga’an terpilih sebagai Kepala Desa sampai sekarang. Semangat membangun gencar digelorakan dalam menyambut era otonomi daerah. Dimulai dengan pembenahan struktur organisasi pemerintahan dengan penyegaran Perangkat Desa serta difungsikannya Jabatan Kepala Dusun hingga upaya menjalin hubungan kemitraan dengan BPD - LPMD.

Prestasi pembangunan sangat menonjol di era kepemimpinan Kepala Desa Muhammad, SH. Diantara tonggak kesuksesannya adalah program pemavingan jalan desa, jembatan/plat duiker, Kantor dan Balai Desa, Musholla serta MCK kantor desa dan banyak lagi program pembangunan yang ditunjang ADD, APBD-Prop, APBD-Kab dan Swadaya Masyarakat.

Tidak dapat dipungkiri, bahwa Desa Genteng Wetan dibidang pembangunan tidak lebih unggul dari saudara kembarnya (Desa Genteng Kulon). Untuk dapat mengejar ketinggalan tersebut Masyarakat Desa Genteng Wetan harus ”jenggirat tangi” menyambut datangnya program ADD. Pemerintahan Desa dan Masyarakat harus bahu – membahu demi satu tekad : Membangun Desa !.

Tanggal 22 Pebruari 2012, sejarah Pemerintahan Desa Genteng Wetan kembali teroreh dengan terpilihnya Hasan, SH., sebagai Kepala Desa Genteng Wetan yang ke 9.

Langkah strategis yang akan diambil adalah optimalisasi potensi desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan penataan lembaga serta aparatur desa menuju pelayanan prima.

Dengan memanfaatkan potensi keuangan desa dan potensi keuangan daerah (Kabupaten dan propinsi) serta keuangan pemerintah pusat Kepala Desa Hasan, SH berupaya agar dapat menarik sumber-sumber tersebut menjadi kegiatan pembangunan dengan cara proaktif berupa usulan dan permintaan kepada dinas / instansi terkait.

Selain itu upaya menumbuhkan roda ekonomi di desa juga terus dipacu dengan mendorong para pelaku usaha untuk dapat berinvestasi dan membuka kegiatan usaha baik berupa properti maupun perniagaan. Sederet bendera usaha seperti PT. Pusaka Lima Pilar, PT. Permata Fajar, PT. Diraya dan masih banyak lagi perusahan yang sudah beropesasi di desa Gentengwetan. Keuntungan langsung dengan memberi keleluasaan para pengusaha untuk mengembangkan usahanya di Desa Gentengwetan adalah semakin banyaknya kegiatan ekonomi masyarakat disekeliling kegiatan usaha tersebut dan banyaknya tenaga kerja yang terserap.

Contact Details

  Alamat :   Jl.Kyai Hasyim Ashari No.105
  Email : desagentengwetan.02@gmail.com
  Telp. : 0823-2220-0022
  Instagram : pemdes.gentengwetan
  Facebook : pemdes.gentengwetan
  Twitter : @DsGentengWetan


© 2019,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi