KONDISI PENDIDIKAN

  10 April 2017  |  DESA GENTENGWETAN

Sesuai dengan data yang ada, jumlah remaja putus sekolah di Desa Genteng Wetan terbanyak adalah remaja putus SLTP yaitu sekitar 38,0 persen dari total jumlah remaja putus sekolah yang ada di Desa Genteng Wetan atau sebanyak 8 orang, kemudian remaja putus SLTA sekitar 28,5 persen atau sebanyak 6 orang, sedangkan remaja putus SD sekitar 28,5 persen atau sebanyak 6 orang.

 Dari data tersebut bisa dikatakan bahwa kondisi pendidikan di Desa Genteng Wetan masih membutuhkan perhatian dari semua kalangan, baik pemerintah, pendidik dan terutama orang tua. Program Pendidikan Gratis yang digulirkan Pemerintah tidak serta – merta dapat menghapus angka putus sekolah. Salah satu faktor penyebabnya adalah, pada kenyataannya biaya lain – lain masih tetap ada menggantikan biaya SPP.

Di samping itu, remaja putus sekolah di Desa Genteng Wetan selama ini bukan hanya disebabkan oleh faktor ekonomi, namun lebih disebabkan oleh masih rendahnya kesadaran para orang tua dan anak terhadap pentingnya pendidikan.   Perhatian orang tua yang kurang dan gaya hidup anak yang selalu ingin meniru sinetron di televisi serta kehidupan selebritis yang glamor menjadikan anak tidak sungguh – sungguh dalam menuntut ilmu di sekolah.

  Berikut data jumlah remaja putus sekolah di masing-masing tingkat pendidikan di Desa Genteng Wetan sesuai hasil pendataan pada tahun 2016 :

 

Jumlah Remaja Putus Sekolah Menurut Tingkat Pendidikan

Desa Genteng Wetan Kecamatan Genteng

Tahun 2016

 

No

Jenis kelamin

Remaja Putus Sekolah Menurut Tk. Pendidikan

SD/

Sdrjt

SLTP/

Sdrjt

SLTA/

Sdrjt

Diploma

PT

1.

Laki-laki

-

1

4

-

-

2.

Perempuan

-

1

2

1

-

Jumlah

-

2

6

1

-

Sumber data : Kantor Desa Genteng Wetan

Contact Details

  Alamat :   Jl.Kyai Hasyim Ashari No.105
  Email : desagentengwetan.02@gmail.com
  Telp. : 0823-2220-0022
  Instagram : pemdes.gentengwetan
  Facebook : pemdes.gentengwetan
  Twitter : @DsGentengWetan


© 2019,   Web Desa Kabupaten Banyuwangi